Anda bisa berlibur dan mendapat pengalaman yang menyenangkan saat berkunjung ke Jepang setiap saat saja sepanjang tahun. Jepang merupakan sebuah negara yang luas memanjang dari utara ke selatan. Oleh sebab itu, Jepang memiliki pola cuaca yang sangat berbeda di seluruh daerah. Berikut adalah panduan untuk datang ke Jepang berdasarkan setiap bulan.

Diagram dibawah mencantumkan rata-rata suhu tinggi waktu siang, rata-rata suhu rendah waktu malam, rata-rata persen hari cerah dan hari hujan untuk kota-kota terpilih. Hari-hari hujan didefinisikan sebagai hari di mana setidaknya 1 mm hujan turun, sementara hari yang cerah pula didefinisikan sebagai hari di mana matahari bersinar setidaknya 40 persen pada siang hari. Informasi yang sangat membantu untuk melakukan perencanaan tour Jepang yuk langsung aja disimak.

Januari

Waktu Yang Pas Untuk Liburan Ke Jepang Di Bulan Januari

Tahun Baru adalah salah satu dari tiga musim pariwisata terbesar Jepang dengan kegiatan baik secara domestik maupun secara internasional. Banyak toko-toko, restoran dan tempat-tempat wisata ditutup untuk setidaknya satu hari antara 29 Desember dan Januari 4.

Saldo hari pada bulan Januari tersebut adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Jepang, seperti cuaca biasanya cerah dan kering dan tempat-tempat wisata yang tidak banyak. Hanya di utara Jepang dan sepanjang pantai Laut Jepang, ada banyak salju yang turun, dan kondisi yang baik untuk olahraga musim dingin, seperti ski dan snowboard. Hanya kekurangan dari kunjungan ke Jepang pada waktu ini adalah pada musim dingin, setiap hari memiliki waktu siang yang singkat (waktu Maghrib sekitar 5 sore di Tokyo) dan tanaman banyak berguguran dan tidak berdaun.

Februari

Waktu Yang Pas Untuk Liburan Ke Jepang Di Bulan Februari

Seperti Januari, Februari adalah waktu yang baik untuk berkunjung ke Jepang karena cuaca biasanya cerah dan kering dan tempat-tempat wisata yang tidak banyak. Hanya kekurangan dari kunjungan ke Jepang pada waktu ini adalah pada musim dingin, setiap hari memiliki waktu siang yang singkat (waktu Maghrib sekitar 5:30 sore di Tokyo) dan tanaman banyak berguguran dan tidak berdaun.

Di bagian utara dan pantai Samudera Jepang menerima banyak salju. Pada puncak musim dingin, Februari cenderung menjadi waktu terbaik untuk olahraga musim dingin dan melihat pemandangan musim dingin, seperti es drift dari Hokkaido dan pertanian rumah diselimuti es Shirakawago.

Maret

Waktu Yang Pas Untuk Liburan Ke Jepang Di Bulan Maret

Tumbuh-tumbuhan dan pohon yang awal mekar seperti pohon plum, memberikan tanda-tanda pertama musim semi, sementara cuaca semakin terasa ringan. Menjelang akhir Maret, musim bunga sakura (cherry blossom) dimulai di daerah-daerah tertentu, sementara di utara Jepang iklim masih baik untuk kegiatan olahraga musim dingin. Aktivitas petualangan domestik meningkat di paruh kedua Maret disebabkan oleh dimulainya libur sekolah untuk musim semi.

April

Waktu Yang Pas Untuk Liburan Ke Jepang Di Bulan April

Selain November, April sering dianggap sebagai waktu terbaik untuk berkunjung ke Jepang karena bunga sakura yang mekar penuh di sebagian besar wilayah negara terbit matahari dan cuaca senang ringan. Aktivitas petualangan domestik meningkat pada awal April karena libur sekolah musim semi, dan juga pada akhir April karena dimulainya Golden Week (libur) dan selama sebagian besar dari sisa bulan April karena musim bunga sakura.

Mei

Waktu Yang Pas Untuk Liburan Ke Jepang Di Bulan Mei

Golden Week, salah satu musim perjalanan tersibuk di Jepang, berlangsung di akhir April dan awal Mei dan dapat menjadi penyebab berbagai masalah yang terkait dengan kegiatan petualangan.

Namun begitu, sisa bulan Mei adalah salah satu saat terbaik untuk mengunjungi Jepang, dimana tumbuh-tumbuhan dan pohon telah menjadi subur, suhu masih nyaman dan tempat-tempat wisata biasanya tidak begitu padat. Di Hokkaido, musim semi sering tertunda sekitar satu bulan dibandingkan Tokyo. Di ujung lain negara di Okinawa, musim hujan (tsuyu) biasanya berlangsung dari awal Mei sampai pertengahan Juni.

Juni

Waktu Yang Pas Untuk Liburan Ke Jepang Di Bulan Juni

Dari awal Juni, musim hujan (tsuyu) melanda sebagian besar Jepang, kecuali Hokkaido. Meskipun tidak hujan setiap hari, cuaca cenderung mendung dan suram. Durasi dan intensitas musim hujan berubah berdasarkan tahun.

Resor air panas seperti Hakone dan hutan gunung kuil Koyasan adalah beberapa tempat yang menarik dalam cuaca hujan. Hokkaido juga merupakan tujuan yang menarik di bulan Juni karena itu tempat yang paling kurang terpengaruh dengan musim hujan. Selain itu, cuaca di Okinawa juga berubah secara drastis menjadi lebih baik setelah akhir musim hujan di sana pada akhir Juni.

Juli

Waktu Yang Pas Untuk Liburan Ke Jepang Di Bulan Juli

Musim hujan (tsuyu) seringkali berakhir pada paruh pertama bulan Juli. Di sebagian besar Jepang pada waktu ini adalah panas dan lembab, dan hanya berdiri di luar ruang mampu membuat Anda berkeringat, seperti kebiasaannya di Malaysia. Kondisi lebih nyaman di dataran tinggi dan di Hokkaido, dimana ianya adalah antara tujuan yang sangat populer di kalangan pecinta kegiatan luar sewaktu musim panas.

Banyak festival lokal dan bunga api yang diadakan. Gunung Fuji dibuka untuk pendakian. Memancing boiler juga dapat diamati. Ini juga merupakan waktu yang sangat baik tahun untuk liburan di pantai di Okinawa. Dengan libur sekolah musim panas dari akhir Juli sampai Agustus, kegiatan liburan domestik meningkat tinggi.

Agustus

Waktu Yang Pas Untuk Liburan Ke Jepang Di Bulan Agustus

Agustus adalah bulan yang panas dan lembab di sebagian besar Jepang. Kondisi lebih nyaman di dataran tinggi dan di Hokkaido, dimana ianya adalah antara tujuan yang sangat populer di kalangan pecinta kegiatan luar sewaktu musim panas. Banyak festival lokal dan bunga api yang diadakan pada bulan Agustus. Aktivitas petualangan adalah tinggi sepanjang bulan karena libur sekolah musim panas, terutama pada minggu Obon di pertengahan bulan Agustus.

September

Waktu Yang Pas Untuk Liburan Ke Jepang Di Bulan September

Musim badai mencapai puncaknya pada bulan Agustus dan September. Badai topan biasanya melanda di pantai Okinawa, Kyushu dan Shikoku, dan menyebabkan hujan yang kuat dan angin di bagian lebar atau seluruh Jepang selama dua hari. Angin topan sering diikuti oleh cuaca cerah. Cuaca pada bulan September masih panas dan lembab, tetapi sebagian besar orang banyak dan padat pada bulan Agustus telah menurun.

Oktober

Waktu Yang Pas Untuk Liburan Ke Jepang Di Bulan Oktober

Oktober adalah salah satu bulan yang paling cocok untuk berkunjung ke Jepang karena cuaca hangat yang menyenangkan, tetapi tidak panas dan lembab. Pohon mulai berubah warna kekuning-kuningan di daerah utara dan dataran tinggi.

November

Waktu Yang Pas Untuk Liburan Ke Jepang Di Bulan November

November adalah salah satu saat terbaik untuk berkunjung ke Jepang, disebabkan cuaca yang kering dan ringan, dan suasana musim gugur yang sangat menarik di seluruh negara. Kurang aktivitas petualangan kecuali di sekitar lokasi pohon gugur yang populer.

Desember

Waktu Yang Pas Untuk Liburan Ke Jepang Di Bulan Desember

Desember adalah bulan yang baik untuk kegiatan petualangan disebabkan oleh kondisi cuaca yang umumnya kering. Aktivitas petualangan domestik tetap rendah selama paruh pertama bulan Desember sampai awal libur sekolah musim dingin sekitar bulan Desember 23. Antara kekurangan dari kunjungan ke Jepang pada waktu ini adalah pada musim dingin, setiap hari memiliki waktu siang yang singkat (waktu Maghrib sekitar 4.30 sore di Tokyo ) dan tanaman banyak berguguran dan tidak berdaun. Dari sekitar 29 Desember, beberapa tempat liburan menutup untuk perayaan liburan Tahun Baru. Musim ski dimulai pada awal bulan Desember.

Sumber Data Iklim : Badan Meteorologi Jepang