Cara mendidik anak ala Jepang

Terkadang kita sebagai orang tua harus sangat hati-hati dalam mendidik anak, karena hasil didikan kita akan sangat berpengaruh terhadap kepribadian dan juga kebiasaan anak kita di masa yang akan dating, oleh karena itu Sakura Tour kali ini akan menulis tentang cara mendidik anak di Jepang yang mungkin bisa kita terapkan kepada anak-anak kita, yuk langsung saja disimak informasinya.

 

Anak Diajarkan Untuk Mandiri Sejak Kecil

Anak-anak pada usia sekolah dasar di Jepang diajarkan untuk mandiri sejak dari kecil, mereka biasanya dibiasakan untuk makan sendiri, mandi sendiri, dan juga pergi bersekolah sendiri. Tapi mungkin sistem pendidikan di Jepang dan Indonesia masih berbeda jadi mungkin kita tidak tega membiarkan anak yang masih kecil untuk pergi ke sekolah sendiri, ya untuk itu kami setuju tapi kita bisa loh mengajarkan anak tetap mandiri walaupun pergi sekolah masih diantar yaitu dengan cara mengantar dan menjemput anak seperlunya saja, tidak perlu menunggu anak sampai pulang sekolah.

 

Anak Diajarkan Untuk Bertanggun Jawab

Anak-anak di Jepang dibiasakan untuk bertanggung jawab dalam hal-hal yang sangat sepele sepeti membereskan meja ketika selesai makan, membersikan ruang kelas ketika selesai digunakan, merapihkan tempat tidur sendiri, dan membuang sampah pada tempatnya. Kebiasaan semacam ini sebenarnya sangat bisa kita contoh, kita hanya perlu membiasakan anak-anak kita melakukan hal-hal tersebut.

 

Anak Diajarkan Untuk Berperilaku Sopan Terhadap Orang Tua

Anak-anak di Jepang sangat dibiasakan untuk menghormati orang yang lebih tua, anak-anak di Jepang akan menggunakan pemilihan kata yang lebih sopan ketika berbicara dengan orang tua, mungkin hal ini sudah diterapkan ya di Indonesia, sudah banyak orang tua yang mengajarkan anaknya untuk berperilaku sopan terhadap orang tua.

 

Anak Diajarkan Untuk Selalu Disiplin dan Tepat Waktu

Bukan hanya anak-anak hampir semua orang di Jepang sangat disiplin dan juga tepat waktu, kebiasaan ini mereka tanamkan sejak kecil mulai dari hal-hal sepele seperti datang ke sekolah tepat waktu, makan sesuai jamnya, belajar memanage waktu main & belajar, dan masih banyak lagi. Kebiasaan ini sangat mungkin kita terapkan di Indonesia, membiasakan anak untuk disiplin waktu adalah suatu hal yang baik tapi ingat kita juga tidak boleh terlalu mengekang anak karena kepribadian anak tidak semuanya sama.

 

Setelah membaca informasi tersebut bagaimana menurut Anda? Apakah cara mendidik anak di Jepang bisa Anda terapkan juga pada anak-anak Anda? Semua kembali lagi kepada Anda. Atau mungkin Anda menjadi semakin penasaran dengan cara mendidik anak di Jepang, jika iya Anda bisa langsung melihat kebiasaan dan kebudayaan orang Jepang dengan langsung melakukan tour ke sana, pasti dipikiran Anda terbesit pemikiran kalau tour kesana ribet dan memakan biaya yang mahal, tunggu dulu sekarang ada Sakura Tour perusahaan penyedia layanan Tour Jepang dan Korea dengan harga yang sangat terjangkau dan kualitas yang sudah terjamin, jadi pergi ke Jepang gak bakal ribet lagi deh, Sakura Tour yang akan urus semua keperluan Anda.